Sunday 15 February 2015

Kabar Gembira...!

 

Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. Bersabda, “Shalat seorang laki-laki dengan berjamaah digandakan 25 kali dibanding shalatnya di rumahnya atau di pasarnya. Demikian itu karena jika seseorang berwudhu dengan sempurna, lalu pergi ke masjid semata-mata untuk shalat (berjamaah), maka ia tidak melangkah satu langkah kecuali ditinggikan baginya satu derajat dan dihapuskan baginya satu kesalahan. Jika ia shalat, maka malaikat selalu bershalawat untuknya selama ia di tempat shalatnya tanpa berhadats, “Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah, kasihanilah ia.” Dan ia dianggap terus-menerus shalat selama menunggu shalat.” (Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah - At-Targhib). Ref  Fdilah Amal, Tentang Shalat Berjamaah....


Terkadang 24X1 jam dalam sehari seolah kurang dalam kehidupan kita. Sampai undangan dari Penguasa Atas Segalanya, yang sejak dari dulu tidak ada perubahan pun kadang sempat ter-abaiakn. Azdan. Yang mana setiap dilantunkan akan menggetarkan penduduk langit, seperti; azda-nya Billal bin Robbah. Dalam era modern ini kesibukan seolah menyelimuti kita. Bahkan sulit untuk menembusnya. Dan itulah sebuah era perubahan saat ini. Tapi berbahagiayalah seseorang yang bisa memenuhi undangan yang berasal dari Sang Maha Atas Semuanya dan mengerjakan shalat berjamaah. Karena di balik shalat berjamaah mempunyai banyak kebaiakan. Seperti yang kita ketahui 27 pahala.

Banyak ulama yang membicarakan hal ini sehingga bertentangan. Adapun penjelasanya adalah; Perselisihan antara 25 dan 27 adalah menurut setiap keadaan. Sebagian ulama berpendapat bahwa pahala 25 kali untuk (Zhuhur dan Ashar). Sedangkan shalat (Subuh, Isya, dan Maghrib) 27 kali.

Ada lagi sebuah penjelasan yang lebih menakjubkan, bahwa hadits mengenai pahala 25 itu bukan sebagai tambahan, tetapi sebagai kelipatan 25. Maka dengan hitungan ini hasilnya 33.554.432 derajat. Bagi Allah swt., pahala sjumlah itu bukanlah apa-apa, jika dihubungkan dengan satu shalat yang ditinggalkan. Yang dosanya satu huqub (80 th dan 1 th terdiri dari 360 hari dan ukuran sehari di akhirat adalah 1000 th di dunia sehingga satu huqub sama dengan 28.800.000 th.), maka tidak mustahil jika pahala shalat mencapai jumlah sekian.

No comments:

Post a Comment