Monday 19 October 2015

Manfaat Teh, Mengawali Semangat Pagi








Mantapnya pagi dengan secangkir seruputan teh hangat.

Anda semua pasti tahu minuman satu ini. Warnanya yang coklat ke-emasan dengan komposisi air, gula dan teh. Dan rasanya, gituh deh hehe… Sebagian orang ada yang suka dengan minuman ini, tapi ada yang sebagian juga tidak suka dan hanya minum sekedarnya. Tapi berbahagialah orang yang rutin minum teh. Apa lagi sebelum mengawali pagi. Matap deh.
Senyawa dalam kandungan teh tedapat sejenis antioksidan bioflavonoid yang mengandung 25 kali lebih efektif dari vitamin E dan 100 kali pada vitamin C. Dan Essential Oil yang berperan dalam pembentukan aroma pada teh yang bisa membangkitkan semangat.

Dan berikut ini adalah manfaat teh bagi kesehatan.






  • Menurunkan Berat Badan

Sebenarnya info ini sudah banyak terdengar di telinga. Bahwa teh bisa menurunkan berat badan. Dan sebuah study pada tahun 2011 di Journal Obesity menemukan bahwa tikus yang diberikan diet tinggi lemak dan diberikan senyawa yang terdapat pada teh hijau memiliki laju pertumbuhan berat badan yang lebih lambat dibandingkan pada tikus yang tidak di berikan senyawa tersebut. Dan temuan ini menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau benar-benar dapat mengganggu pembentukan lemak dalam tubuh yang dapat menambah berat badan.


  • Mengurangi resiko sakit jantung dan stroke

Di dalam senyawa teh terdapat kandungan polifenol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan gula darah, yang merupakan salah satu penyebab dari penyakit jantung dan stroke. Gumpalan darah yang tidak diinginkan terbentuk dari kolesterol, dalam jumlah besar akan menyebabkan serangan jantung dan stroke. Kandungan flavonoid quercetin, kaempferol, dan myricetin pada teh dapat menurunkan tekanan darah dan pengerasan arteri yang berbanding lurus kesehatan jantung. Ketika anda minum the, arteri anda menjadi lebih bebas dari sumbatan, dan hal ini juga dapat membuat buang air kecil akan lebih teratur.
Sebuah study dari Belanda menemukan bahwa minum 2-3 cankir teh hitam setiap hari  mengurangi risiko 70 % terkena serangan jantung fatal dari pada orang yang tidak meminum teh.


  • Melindungi Tulang

Sebuah penelitian telah membandingkan antara peminum teh dengan non-peminum, menemukan bahwa orang yang minum teh selama 10 tahun atau lebih memiliki tulang kuat, bahkan setelah disesuaikan untuk usia, berat badan, olahraga, merokok dan faktor risiko lainnya. Para peneliti berpendapat bahwa kandungan phytochemical merupakan zat yang dapat membantu melindungi tulang ini.


  • Meningkatkan kesehatan gigi

Polifenol sangat efektif sebagai pembunuh bakteri akibat plak yang menempel pada gigi. Plak pada gigi menyebabkan gigi berlubang dan menyebabkan masalah juga pada gusi. Dan ini bisa langsung anad rasakan setelah minum teh. Gigi anda seperti keset. Bila diadukan seperti berbunyi. Itu tandanya ada pengikisan yang sifatnya membersihkan. Makanya rajin-rajin minum teh deh biar bersih. Tapi tak lupa gosok gigi ya.


  • Menghilangkan Kantuk

Ini ni yang sering menjadi kebiasaan orang.  Apa lagi saat kerja atau mendengarkan guru menerangkan pelajaran. Ampun deh…! Bisa buyar. Dan mungkin teh bisa membantu anda. Karena dalam senyawa the terdapat kandungan kafein yang sudah kita ketahui bersama dapat mengurangi rasa kantuk. Tidak heran jika anda kesulitan tidur karena mengkonsumsi teh dalam jumlah yang tinggi di siang hari.


  • Meningkatkan Mood

Memmang stress, emosi tinggi itu terkadang sulit diatur. Sehingga mood anda akan terganggu. Apa lagi dipengaruhi oleh suhu sekitar yang panas. Makin cepat tersulut deh. Mungkin secangkir teh adalah senjata ampuh yang anda butuhkan. Suatu penelitian menyimpulkan bahwa teh hitam benar-benar membantu dalam mengurangi kadar hormon stres pada partisipan study. Dibuktikan oleh sebuah study yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa enam bulan konsumsi teh hitam menurunkan tekanan darah sistolik.

Tapi selain manfaat yang bagus untuk tubuh, rupanya teh memiliki efek samping lho. Maka dari itu, disarankan agar tidak mengkonsumsi teh terlalu banyak. Karena yang banyak memang tidak bagus. Cukup saja ya.

1. Dari kafein yang terkandung dalam teh dapat menyebabkan sulit tidur di malam hari.
2. Kandungan kafein itu dapat mempercepat detak jantung. Sehingga cukup berbahaya bagi anda mengalami penyakit jantung kronis.
3. Untuk ibu hamil, konsumsi kafein secara berlebihan juga tidak baik bagi janin.

Semoga info minum teh ini bisa bermanfaat untuk kesehatan anda. 


Terkait seputar kesehatan:



1 comment: